DASAR KOMUNIKASI BISNIS


comunication-tipsAnda harus bisa menjelaskan :

1. pengertian komunikasi.

2. proses komunikasi.

3. komunikasi nonverbal dan verbal.

4. sangat penting komunikasi yang efektif.

5. identifikasi hambatan komunikasi.

6. cara memperbaiki komunikasi.

Ruang lingkup Batasan pembahasan pada peristiwa komunikasi antarmanusia secara individu, kelompok, organisasi, ataupun dalam masyarakat sebagai mahluk sosial. Pengertian Komunikasi Istilah “Communis, Communico (Latin)”, yang artinya “membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih. “Komunikasi” (Everett M. Rogers, 2004) merupakan suatu proses di mana dua orang atau lebih melakukan pertukaran informasi terhadap satu sama lain, yang pada gilirannya akan tiba kepada saling pengertian.

Proses Komunikasi Unsur-unsur Utama Komunikasi (David K. Berlo, 2004) yakni Sumber (Source), Pesan/Informasi (Message), Saluran/Media (Channel), Penerima (Receiver). Unsur-unsur Pelengkap Komunikasi yakni Tanggapan Balik (Feedback), Efek, dan Lingkungan Penjelasan Unsur Utama Komunikasi: Sumber: sebagai pengirim informasi/pesan/gagasan, sering juga disebut komunikator, source, sender, atau encoder.

Pesan: sesuatu berupa pengetahuan, hiburan, informasi, nasehat, atau yang disampaikan pengirim kepada penerima, sering juga disebut message, content atau information.

Saluran komunikasi terdiri atas komunikasi (lisan, tertulis dan elektronik). “alat atau sarana yang digunakan memindahkan pesan” Media Cetak dan Media Elektronik. Penerima: pihak yang menjadi sasaran pesan, sering disebut khalayak, sasaran, audiens atau receiver.

Penjelasan Unsur Pelengkap Komunikasi: Umpan Balik: respon atau reaksi yang diberikan oleh penerima, dapat berupa pendapat, komentator atau saran. Efek: pengaruh atau adanya perbedaan antara apa yang dipikirkan, dirasakan dan dilakukan oleh penerima sebelum dan sesudah menerima pesan, dapat dalam bentuk pengetahuan, sikap dan perilaku.

Lingkungan: situasi atau faktor-faktor yang dapat mempengaruhi jalannya komunikasi. fisik/jarak, sosial budaya, psikologi dan dimensi waktu (pagi, siang, malam, atau dikaitkan dengan musim).

Bentuk Dasar, Tipe dan Fungsi Komunikasi Bentuk dasar komunikasi: komunikasi nonverbal (kumpulan isyarat, gerak tubuh, intonasi suara, sikap) dan komunikasi verbal (disampaikan secara lisan atau tertulis menggunakan suatu bahasa).

Tipe dan Fungsi Komunikasi: prinsipnya ada 3 tipe (komunikasi dengan diri sendiri, antar pribadi dan khalayak) namun ada 5 tipe atau tingkatan yang digunakan (diri sendiri, antar pribadi, kelompok kecil, massa, dan publik); ada 8 fungsi komunikasi (informasi, sosialisasi, motivasi, bahan diskusi, pendidikan, budaya, hiburan, integrasi)

KOMUNIKASI YANG EFEKTIF “Komunikasi akan Efektif apabila terjadi pemahaman yang sama dan merangsang pihak lain untuk berpikir atau melakukan sesuatu”. Juga akan membantu mengantisipasi masalah, membuat keputusan yang tepat, dapat mengkoordinasikan aliran kerja, mengawasi orang lain, dan mengembangkan berbagai hubungan.

Faktor-Faktor yang mempengaruhi: Kredibilitas (bagian dari kepercayaan, ini dapat muncul melalui keahlian dan status sosial) dan daya tarik komunikator (karena dikagumi dan disenangi misal: artis), Kemampuan pesan untuk membangkitkan tanggapan (karena menarik perhatian dirancang dengan format yang baik pilihan kata yang tepat waktu dan media yang tepat).

Kemampuan komunikasi untuk menerima dan memahami pesan (mampu memahami pesan, sadar akan kebutuhan dan kepentingan, mampu mengambil suatu keputusan sesuai kebutuhan dan kepentingan, secara fisik dan mental mampu menerima pesan).

Hambatan Komunikasi dan Cara Mengatasinya (Bovee dan Thill, 2003)

Hambatan Komunikasi: Antar personal (beda persepsi dan bahasa, pendengaran yang buruk, gangguan emosional, beda budaya, gangguan fisik) & Dalam Organisasi (kelebihan beban informasi dan pesan yang bersaing, penyaringan pesan yang tidak tepat, iklim komunikasi tertutup atau tidak memadai).

Menurut Cangara 2004, ada 7 gangguan /rintangan komunikasi: gangguan teknis, gangguan semantik-kesalahan penggunaan bahasa, gangguan psikologis,

Cara Mengatasinya: Memelihara iklim komunikasi terbuka, bertekad memegang teguh etika berkomunikasi, memahami kesulitan komunikasi antarbudaya, menggunakan pendekatan berkomunikasi yang berpusat pada penerima, menggunakan teknologi secara bijak dan bertanggung jawab untuk memperoleh dan membagi informasi, menciptakan dan memproses pesan secara efektif dan efisien (memahami penerima pesan, menyesuaikan pesan dengan penerima, mengembangkan dan menghubungkan gagasan, mengurangi jumlah pesan, memilih saluran atau media yang tepat, meningkatkan keterampilan berkomunikasi).

4 Komentar

Filed under Tak Berkategori

4 responses to “DASAR KOMUNIKASI BISNIS

  1. tanx bos tulisannya sangat menarik,apalagi motivasinya.sangat mencerahkan.smoga semakin banyak orang yg mau membaca dan meresapi.Ijin copy paste ya nwn

  2. MAKASIH BANYAK YA ….. KARENA SAYA BS AMBIL SEBAGIAN ARTIKEL DARI SITUSNYA ……. SEKALI LG ,,,,, MAKSIH BANYAK ………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s