PROGRAM CSR (Corporate Social Responsibility)


Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung jawab Sosial Perusahaan adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang di antaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Oleh karena itu, CSR berhubungan erat dengan “pembangunan berkelanjutan”, yakni suatu organisasi, terutama perusahaan, dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan dampaknya dalam aspek ekonomi, misalnya tingkat keuntungan atau deviden, tetapi juga harus menimbang dampak sosial dan lingkungan yang timbul dari keputusannya itu, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka yang lebih panjang. Dengan pengertian

CSR dapat dikatakan sebagai kontribusi perusahaan terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan dengan cara manajemen dampak (minimisasi dampak negatif dan maksimisasi dampak positif) terhadap seluruh pemangku kepentingannya.

Secara pengertian atau teori dan jika dipelajari mungkin akan lebih sulit terutama mengeluarkan dana nya 🙂 apalagi berbagai analisa yang dipergunakan ribet dan ruwet, namun jika dipraktekan apalagi terjun langsung dalam pelaksanaan PROGRAM CSR (Corporate Social Responsibility) anda akan banyak mendapatkan banyak pengalaman seperti berhadapan dengan berbagai macam karakter organisasi masyarakat, pemerintahan, dan lingkungan sekitar pelaksanaan program.

Contohnya : Jika anda memberikan bantuan atau menyumbang dengan tepat sasaran pasti anda akan mendapatkan berbagai opini yang positif selain itu juga pahala tentunya.

Secara umumnya masyarakat yang mendapatkan bantuan program CSR merasa senang bahkan mendo’akan perusahaan yang memberikan bantuan tersebut agar tetap eksis bahkan lebih maju, jika yang berdo’anya sedikitnya seribu orang  atau jutaan orang pasti sungguh luar biasa do’a tersebut.

Kadang saya berpikir jika program CSR suatu perusahaan diibaratkan sebatang lidi jika dikumpulkan menjadi satu mungkin akan menjadi suatu kekuatan besar yang bisa membantu polemik ekonomi,pendidikan dan lingkungan,dll yang sedang dihadapi oleh  masyarakat di negeri tercinta Indonesia ini.

Dan sebagai bukti bahwa saya juga ingin membantu mempublikasikan PROGRAM CSR (Corporate Social Responsibility) tepatnya perusahaan anda atau tepat anda bekerja melalui blog saya yang pas-pas ini 🙂 dan tanpa dipungut biaya alias free silahkan kirimkan Artikel atau Press Release beserta Potret / Picture kegiatan ke email boedijaeni@gmail.com

Berikut adalah salah satu Program CSR FAJAR PAPER, sebagai berikut : Bantuan Hewan Kurban

“Tuhan Tidak Akan Merubah Nasib Suatu Bangsa Sebelum Bangsa Itu Merubah Nasibnya”

Iklan

1 Komentar

Filed under boedijaeni

One response to “PROGRAM CSR (Corporate Social Responsibility)

  1. Ping-balik: CSR BIDANG PENDIDIKAN – FAJAR PAPER | BUDI JAENI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s